Sharing Knowledge, My Inspiration, My Notes, My Motivations. Just share for you

Perbedaan Dedicated Server, VPS dan Shared Hosting

by Unknown , at 17:52 , has 6 comments

Perbedaan Dedicated Server, VPS dan Shared Hosting...?

Web Hosting adalah salah satu tempat penyewaan jasa internet yang mampu menyimpan dan mempublish data-data yang ada di dalam website baik itu perorangan, perusahaan, ataupun organisasi, sehingga data tersebut dapat di rewuest atau di akses oleh user dari semua tempat secara simultan/bersama.

Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat di akses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user. Pada dasarnya server web hosting menggunakan sebuah komputer biasa, namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar pada sebuah server serta disarankan harus mampu untuk standby 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasanya.

Dedicated Server / DS
Jenis hosting ini biasa digunakan untuk solusi hosting terhadap kebutuhan yang berskala besar atau kompleks. Pengguna bisa memilih atau menyediakan spesifikasi server yang diinginkan, yang kemudian ditempatkan pada sebuah data center. Alasan di tempatkan pada sebuah data center adalah server terlindungi dari banjir, tahan gempa, dan butuh sirkulasi suhu khusus untuk server.

Dengan Dedicated server, pengguna bisa menggunakan sumber daya/resource server secara leluasa karena adminstrasi server dikelola atau dimiliki oleh pemilik server. Dedicated server biasa digunakan oleh penyedia layanan hosting (VPS/Shared Hosting), application service provider atau website yang memiliki trafic tinggi dan membutuhkan resource yang tinggi pula. Jika dilihat dari harga, pengelolaan dedicated server cukup mahal dibandingkan dengan VPS dan Shared Hosting.

Virtual Private Server/VPS
Virtual Private Server (VPS) adalah teknologi perangkat lunak yang memungkinkan pembagian sumber daya ke dalam virtual mesin pada server. Tiap - tiap virtual server akan mempunyai sistem operasi yang berjalan secara mandiri. VPS menyediakan akses penuh terhadap user root, setiap VPS mempunyai konfigurasi yang bisa diatur layaknya pada server fisik atau pada dedicated server.

Kelebihan dari penggunaan VPS antara lain :
- Performa yang baik seperti layaknya dedicated server
- Kebebasan dalam menggunakan sistem operasi atau software yang dibutuhkan
- Menghemat biaya, jika dibandingkan dengan menggunakan dedicated server

VPS biasanya digunakan pada website atau aplikasi yang memerlukan resource medium di atas shared hosting. Jika anda memiliki website atau aplikasi yang memerlukan resource cukup tinggi dengan budget yang minim, anda dapat menggunakan layanan VPS

Shared Hosting
Shared hosting merupakan layanan hosting yang digunakan bersama-sama oleh pengguna lainnya. Para pengguna layanan ini memungkinkan sember daya baik software maupun hardware atau IP address secara bersama-sama. Hosting seperti ini dipengaruhi oleh sistem proses yang dilakukan oleh pengguna, jika ada pengguna hosting yang melakukan proses yang berlebihan dan membebani server, maka pengguna lainnya akan terkena imbasnya, seperti server menjadi lambat bahkan ada kemungkinan website menjadu tidak bisa diakses.

Sebagai contoh jika server shared hosting terkena hack, atau hardware failure, maka seluruh pengguna shared hosting akan terkena dampaknya seperti website tidak dapat di akses. Pemiliki server tentunya akan melakukan pemantauan secara bertahap dan rutin terhadap proses yang terjadi di dalam server, biasanya admin akan melakukan suspend account terhadap pengguna yang melakukan pelanggaran atau mengganggu terhadap kinerja server.

Shared hosting cocok untuk anda yang memiliki blog, web presence, toko online, dan lain sebagainya, kembali kepada paket yang disediakan oleh hosting provider. Kekurangan dari shared hosting ini, pengguna tidak bisa leluasa dalam menggunakan sumber daya server, atau menggunakan software sesuai dengan kebutuhan sumber daya server, atau menggunakan software sesuai dengan kebutuhan karena hak penuh terhadap administrasi server dipegang sepenuhnya oleh admin.

Secara ringkas perbedaan dari DS, VPS, Shared Hosting dari segi resource (CPU Usage, RAM, HDD, dll)
- VPS : 1 mesin server dibagi-bagi lagi menjadu beberapa pengguna VPS, jadi lebih dari 1 host
- Dedicated Server : 1 mesin dikuasai sendiri
- Shared Hosting : Resource dibatasi hak milik oleh application service provider

VPS rentan kena intervensi pengguna lain dalam 1 mesin yang bisa mengakibatkan beberapa service failed bahkan downtime. Ini karena resource yang di bagi-bagi tadi. Masalah performa antar VPS dan Dedicated Server punya kenggulan masing-masing.




Semoga Bermanfaat ...^_^

Perbedaan Dedicated Server, VPS dan Shared Hosting
About
Perbedaan Dedicated Server, VPS dan Shared Hosting - written by Unknown , published at 17:52, categorized as Apa itu , Dedicated Server , Hosting , VPS . And has 6 comments
6 comments Add a comment
Bluehost - A Top Rated Web Host - Web Hosting Review
Exclusive Discount: BlueHost At $3.49/Mo
BlueHost Basic Plan Discount – $3.49/mo* for first contract
No coupon or promotion code needed – Just purchase via our promo link (see below) and you’ll get an extra 55% discount from your first BlueHost bill.
BlueHost WEb Hosting Discount
Reply Delete
oh well wrote you shared such a wonderful informatipon with public
http://www.vpshosting.com.pk/
Reply Delete
Get the FASTEST VPS Hosting from VPS Hosting Pakistan! We offer the best, most reliable VPS web hosting in industry! Host on 20X Faster Turbo Servers!
Reply Delete
Offshore Hosting By #1 Trusted Offshore Host Provider. For More Info visit website.
Reply Delete
Thanks for sharing a vpsserver and dedicated server.
Get an affordable vps hosting in chennai | reseller hosting in chennai
Reply Delete
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Raih Sukses Dengan Berbagi
Theme designed by Sinar Tekno
Powered by Blogger
-->