Sharing Knowledge, My Inspiration, My Notes, My Motivations. Just share for you

Definisi atau apa itu JAVA

by Unknown , at 18:36 , has 0 comments


Definisi atau apa itu JAVA..??
sekilas tentang java yang merupakan bahasa pemrograman java yang pada awalnya dikhususkan untuk aplikasi berbasis internet, namun sekarang aplikasi-aplikasi java sudah digunakan untuk tidak hanya berbasis Web saja tetapi dari basis desktop hingga aplikasi mobile sudah menggunakannya. Java itu portable, dapat dijalankan di berbagai platform yaitu windows, linux, unix, macOS, atau symbianOS (mobile).

Kunci dari portablitas ini adalah keluaran hasil kompilasi, java bukanlah file executable melainkan berbentuk bytecode. Bytecode inilah akan dieksekusi oleh JRE (java Runtime Environment) yang disebut JVM (Java Virtual Machine) dan telah diinstall pada setiap sistem operasi yang akan digunakan, sehingga JVM merupakan interpreter bagi bytecode. Interpreter itu sendiri merupakan perantara atau penghubung pada sebuah sistem.

Sebenarnya eksekusi interpreter lebih lambat di bandingkan dengan kompilasi executable, maka sun microsystem menyuplai teknologi hotspot yang menyediakan compiler JIT (Just In Time) untuk bytecode dan menjadi bagian JVM untuk mengkompilasi bytecode menjadi executable code secara real-time, sehingga menjalankan aplikasi java lebih cepat.

Bahasa JAVA pertama kali dikonsepkan oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan di Sun Microsystem tahun 1991, dengan nama bahasa programnya"OAK". Tahun 1995 mereka mengunjungi sebuah cafe kopi lokal di kepulauan Jawa, Indonesia dan mengubah namanya menjadi "Java" hingga saat ini.

Bahasa java secara langsung berhubungan dengan C dan C++, karena java menurunkan sintaksnya dari C dan objeknya diadaptasi dari C++, sehingga Java memiliki sifat case sensitive (membedakan antara huruf besar maupun huruf kecil)




Semoga Bermanfaat ...^_^
Definisi atau apa itu JAVA
About
Definisi atau apa itu JAVA - written by Unknown , published at 18:36, categorized as Apa itu , Java . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Raih Sukses Dengan Berbagi
Theme designed by Sinar Tekno
Powered by Blogger
-->