Sharing Knowledge, My Inspiration, My Notes, My Motivations. Just share for you

Pengertian dan Definisi Private Cloud

by Unknown , at 21:43 , has 0 comments

Pengertian dan Definisi Private Cloud adalah komputer awan yang digunakan secara pribadi (private) oleh perusahaan atau pengguna tertentu. Private Cloud diterapkan dengan menggunakan teknologi yang sama dengan public cloud, sehingga memiliki semua karakteristik komputer awan. Perbedaan, private cloud pada pusat data terpasang dalam satu perusahaan atau independent tidak terikat dengan penyedia layanan pusat data di luar perusahaan.

Hal ini memungkinkan sebuah perusahaan memanfaatkan semua fasilitas cloud computing di dalam lingkup komputasi milik perusahaan itu sendiri. Selain pusat data milik sendiri, model private cloud juga dapat diterapkan dengan memanfaatkan pusat data yang di miliki perusahaan lain. Semisal, dengan memanfaatkan layanan cloud computing yang disediakan oleh pihak ketiga.

Apa kelebihan private cloud ? Lokasi. Pada perusahaan atau organisasi yang terkait dengan aturan mengenai lokasi data mereka. Private Cloud jenis komputer awan yang mampu memberikan solusi yang hampir mirip dengan public cloud, termasuk skalabilitas dan self-service, tetapi melalui arsitektur proprietary. Tidak seperti Public Cloud, yang memberikan layanan ke beberapa organisasi, private cloud didedikasikan hanya untuk satu organisasi.

Efektibilitas, private cloud yang baik dalam dunia bisnis dengan kebutuhan komputasi yang dinamis dan dapat mengontrol langsung ruang lingkup private cloud. Public cloud dan private cloud dikembangkan dengan model yang berbeda. Public Cloud, seperti Amazon Web Services atau Google Compute Engine, berbagi infrastruktur komputasi di pasar yang berbeda, unit bisnis maupun usaha. Namun, ruang lingkup komputasi bersama ini tidak cocok untuk bisnis, dikarenakan beban kerja mission-critical, dan masalah keamanan, persyaratan uptime atau tuntunan management.

Sebaliknya, bisnis ini dapat dilakukan penyedia pusat data lokal/perusahaan atau private cloud. Private Cloud memberi keuntungan yang hampir sama dengan public cloud. Diantaranya self - service dan skalabilitas, multi-tenancy, kemampuan untuk mesin tertentu, mengubah sumber daya komputasi on demand, dan menciptakan beberapa mesin untuk pekerjaan komputasi yang kompleks, seperti big data. Selain itu, private cloud dengan layanan host dengan sejumlah titik di balik firewall, meminimalkan masalah keamanan beberapa organisasi yang memiliki komputer awan sekitar.

Private Cloud juga memberikan solusi kepada perusahaan yang dapat mengontrol langsung data mereka. Private Cloud merupakan model tertentu komputasi awan yang melibatkan area berbasis komputer awan yang berbeda dan aman di mana hanya komputer user / client tertentu dapat mengoperasikan. Seperti model cloud lainnya, penyimpanan awan akan memberikan daya komputer sebagai layanan dalam lingkungan tervirtualisasi menggunakan wadah yang di dasari sumber daya komputasi fisik.

Namun, dalam model private cloud, awan (wadah sumber daya) hanya dapat diakses oleh satu group dengan kontrol yang lebih besar dan pribadi.
Pengertian dan Definisi Private Cloud
About
Pengertian dan Definisi Private Cloud - written by Unknown , published at 21:43, categorized as Cloud , Server , Storage . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Raih Sukses Dengan Berbagi
Theme designed by Sinar Tekno
Powered by Blogger
-->