Sharing Knowledge, My Inspiration, My Notes, My Motivations. Just share for you

Konsep - konsep dasar JSP (Java Server Page)

by Unknown , at 01:21 , has 0 comments
JSP menyediakan empat kategori tag, yaitu : directive, elemen scripting, komentar, dan action. Pada bagian ini kita tidak akan bicara tentang deklarasi variabel, struktur kontrol program, class, dan method. Hal ini karena jsp didasarkan pada java, sehingga bagian-bagian tersebut sama dengan apa yang telah kita pahami pada label tentang pemrograman java.

Directive
Directive merupakan sekumpulan tag yang menentukkan tentang bagaiman dokumen yang berisi direktif ini akan diproses. Directive digunakan jsp untuk mengirim "pesan" ke jsp container. DIrective, berguna untuk melakukan setting nilai global seperti deklarasi class atau method. Setting yang dilakukan oleh directive berlaku pada seluruh halaman atau hanya halaman itu saja.

Secara umum, sintaks directive adalah sebagai berikut :

<%@ nama_directive atribut1="nilai1" atribut2="nilai2"..%>

Directive pada JSP terdiri atas tiga jenis, dan tentu saja dengan fungsi yang berbeda-beda.

Page
digunakan untuk mendefinisikan atribut-atribut yang terdapat pada halaman jsp. Atribut-atribut ini misalnya atribut language, import, info, errorpage, dan lain-lain. Cara penulisannya dengan menggunakan tanda @ setelah tag jsp <%, kemudian diikuti kata page dan atributnya.

Contoh : <%@page language="java"%>

Include :
digunakan untuk menyisipkan suatu berkas atau mengimpor suatu kelas. Cara penulisannya dengan menggunakan tanda @ setelah tag jsp <% , kemudian diikuti kata include dan atributnya.

Contoh : <%@include file="/header.html"%>

Taglibe :
digunakan untuk mendefinisikan tag-tag yang dibuat sendiri oleh pemrogram. Cara penulisannya dengan menggunakan tanda @ setelah tag jsp <%, kemudian diikuti kata taglib dan atributnya.

Contoh : <%@taglib url="http://indonesua.apache.org/taglibe/application-2.0" prefix="app"%>

Deklarasi menyediakan tag yang secara khusus ditujukan untuk melakukan pendeklarasian variable yang berlevel halaman. Variabel seperti ini akan dikenal di sepanjang halaman. Tag yang dimaksud dinamkan tag deklarasi.
Konsep - konsep dasar JSP (Java Server Page)
About
Konsep - konsep dasar JSP (Java Server Page) - written by Unknown , published at 01:21, categorized as Apa itu , JSP , Pemrograman . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Raih Sukses Dengan Berbagi
Theme designed by Sinar Tekno
Powered by Blogger
-->